JULIE AND JULIA | 365 Hari, 524 Resep

26 Aug 2011

a_scene_from_julie__julia__2053353782jpgJulie Powell dan Julia Child, adalah dua perempuan beda generasi dengan kecintaan yang sama: memasak dan menulis. Mereka bersua dalam sebuah petualangan cita rasa masakan Prancis melalui sekumpulan resep dalam: Mastering the Art of French Cooking.

Mastering the Art of French Cooking adalah buku yang berisi 524 resep masakan Prancis. Disusun oleh Julia Child dan 2 orang karibnya pada tahun 1961. Julia adalah seorang istri diplomat Amerika di Prancis. Ia tak punya keturunan. Hiburannya sehari-hari adalah memasak. Ia menunjukkan cintanya pada suaminya dengan menciptakan masakan yang nikmat saban hari. Utamanya masakan Prancis. Untuk itu dia tak main-main, kursus pun dijabaninya.

Setiap resep yang berhasil dibuat kemudian diketik dan dikumpulkan. Begitu orisinil resep-resep itu karena saat itu tak ada buku resep masakan Prancis yang berbahasa Inggris.

Sayang sekali, kegemaran Julia akan cita rasa masakan Prancis ini menjadi biang kecurigaan pihak pemerintah Amerika. Suaminya diinterogasi. Dan kehilangan pekerjaan akhirnya. Tapi tak ada kerja keras yang sia-sia. Ketekunan Julia mengumpulkan resep masakan dilirik penerbit. Bukunya diterbitkan, dengan royalty yang cukup besar, dan jadi legenda hingga 40 tahun kemudian.

Julie, sekarang bekerja di balik sebuah bilik pelayanan masyarakat, Lower Manhattan Development Corporation di Brooklyn. Dulunya, Julie adalah editor majalah sastra Amhers, tenggelam selama 8 tahun dalam godaan majalah sebelum akhirnya menyerah pada novelnya yang baru separuh jadi. Bagi Julie, adalah bukan penulis kecuali jika seseorang menerbitkan karyamu.

Putus asa dengan novelnya yang gagal, Julie mencari akal untuk tetap menulis. Setelah berdiskusi dengan suaminya, ia memutuskan untuk menulis di blog. Tak perlu diterbitkan, tapi akan dibaca banyak orang. Dari situ mungkin akan datang kesempatan lain.

Blog itu berisi tentang cerita pengalaman Julie mempraktekkan resep-resep masakan Julia Child yang ada di bukunya. Julie tak mau proyek ini gagal seperti novelnya. Maka ia harus memasang tenggat waktu. Jadilah 365 hari dengan 524 resep masakan adalah target yang mesti ia capai.

Ini proyek yang tak mudah bagi Julie. Setiap hari ia kerja penuh waktu, kadang baru sampai di rumah pukul 8-9 malam. Tapi Julia butuh sesuatu yang melepaskan diri dari apa yang sudah dilakukan sepanjang hari. Masalah-masalah dan teriakan dari ujung telepon membuatnya penat. Isinya selalu saja keluhan. Memasak adalah cara yang ia pilih untuk bersenang-senang. Menulis adalah pendinginannya. Resiko di depan menghadang adalah: pekerjaan, pernikahan, dan kesejahteraan.

Julie harus memasak sepulang kantor. Dia pergi ke tukang daging, mampir di toko roti, hingga membeli lobster besar yang menakutkan. Terkadang makan malamnya baru siap menjelang tengah malam. Namun Julie dan suami begitu menikmatinya.

Apa yang disukai Julie dari memasak adalah hadirnya perasaan nyaman setelah seharian penuh dengan ketidak pastian, ketidakyakinan ketika mengatakan sesuatu, kemudian saat memasak dia bisa benar-benar tahu bahwa ketika menambahkan kuning telur, coklat, gula dan susu itu akan mengasilkan ketebalan yang pas. Itu adalah semacam kenyamanan tersendiri.

Blog Julie terus bertumbuh. Ia tak berhenti meskipun komentar pertama datang dari ibunya dan isinya meragukan apa yang sedang ia lakukan. Ia terus memasak dan menulis. Kadang ia gagal karena masakannya gosong, atau salah membuat adonan.

Tapi ia terus mencoba. Julia Child seakan sedang berbicara padanya, mengajari cara memasak yang benar. Sudah tak terhitung lagi besaran pengeluaran dari kantongnya, dia begitu menikmati. Pun ketika ia demikian putus asa karena suaminya meninggalkan dirinya. Ia coba bertahan. Terus memasak dan menulis. Cinta itu pun utuh kembali di meja makan, dengan makanan Prancis.

Tak ada kerja keras yang sia-sia. Tak ada ketekunan yang tak membuahkan hasil. Blog Julie dilirik Koran. Orang-orang di kotanya membaca liputannya. Telepon di rumahnya tak berhenti meninggalkan pesan. Penerbitpun tertarik membukukannya. Televisi menawarkan acara. Proyek itu berhasil. Julie merasa lengkap sebagai penulis. Dia punya buku hasil karyanya.

Film ini diceritakan dengan alur maju berselang seling pada kisah dua tokoh, Julia dan Julie. Di setiap plot terlihat bagaimana kisah perjuangan masing-masing tokoh untuk menyelesaikan misinya dalam memasak dan menulis. Dengan gambar-gambar masakan yang mengundang selera, lokasi-lokasi di Prancis yang indah, film ini bukan hanya akan membuat air liur menetes, tapi juga bisa menggerakkan siapa saja yang menonton untuk melakukan sesuatu dengan impiannya. Utamanya bagi mereka yang menyimpan impian untuk menjadi penulis. Apapun yang ditulis, kunci keberhasilan adalah keseriusan dan ketekunan menyelesaikan target. Julia dan Julie sudah membuktikan, resep masakan pun bisa membuatnya menjadi penulis yang diakui,bukan? (Diana AV Sasa)

Judul : Julie and Julia
Sutradara : Nora Ephron
Naskah : Julie Powell (Buku)
Pemain : Meryl Streep, Amy Adams, Stanley Tucci, Chris Messina, Linda Emond, Jane Lynch,Vanessa Ferlito
Produksi: Agustus 2009
Durasi : 123 menit

INFO FILM

FILM DI WIKI

INFO BUKU RESEP JULIA

DOWNLOAD FILM

DOWN LOAD FILM 2




TAGS Film Buku Buku Masakan KISAH PENULIS Film Tentang Penulis


-

Author

Follow Me